Profil

PUSAT KAJIAN DAN STUDI KONSTITUSI UNVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
(PKSK-UMSU)

  1. Pendahuluan

Dinamikan ketatanegaraan pasca reformasi, khususnya pasca amandemen UUD 1945 menempatkan studi-studi di bidang ketatanegaraan pada peran penting dalam mengatasi system ketatanegaraan. Amandemen UUD 1945 juga menjadi pemicu pembaharuan dan pembangunan hukum di berbagai bidang, khusunya dalam kaitan dengan pengembangan institusi-institusi baru dalam system ketatanegaraan, Misalnya dalam hal pembentukan kelembagaan baru dalam UUD 1945 seperti Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial dan Dewan Perwakilan Daerah membawa konsekuensi pengaturan kelembagaan tersebut dalam undang-undang. Maka studi-studi ketatanegaraan dewasa ini berkembang sejalan dengan lahirnya berbagai peraturan perundang-undangan sebagai derivasi dari hasil amandemen UUD 1945.

Dinamika lanjutan sebagai konsekuensi amandemen UUD 1945 tentu saja adalah praktik hukum, utamanya yang diperankan oleh lembaga-lembaga negara.Dinamika hukum dari praktik penegakan  hukum seringkali lebih menarik karena terdapat hal-hal baru yang di luar jangkauan peraturan perundang-undangan yang ada.

Pada titik tertentu dinamika tersebut berwujud nyata dalam bentuk konfilk dalam lembaga atau konflik kelembagaan.Dinamika hukum yang demikian, telah terbukti dikonstribusikan oleh perguruan tinggi dengan gagasan dan pemikiran-pemikiran.

Berdasarkan hal tersebtlah perlu kiranya Pusat Kajian dan Studi Konstitusi pada  tiap Universitas di bentuk, agar dapa merespon dinamika hukum yang adi di indonesia. Pusat kajian dan Studi Konstitusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PKSK-UMSU) adalah salah satu lembaga di universitas yang berdiri pada Tahun 2012. Pusat Kajian dan Studi Konstitusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PKSK-UMSU) merupakan bagian dari unit kerja yang langsung dikelola atau berada langsung di bawah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang hingga saat ini konsisten dalam membicarakan perkembangan konstitusi dan konstitusionalitas hak warga negara, rangkaian kegiatan penelitian dan pengembangan terus dilakukan, hingga merespons isu-isu hukum yang sedang hangat dibicarakan, sampai pada peningkatan kerjasama antara Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terkait isu Pemahaman Warga Negara Terhadap Hak-hak Konstitusionalnya, serta aktif diberbagai kegiatan nasional baik yang dilakukan oleh Universitas Lain maupun Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia seperti Kompetisi Debat Konstitusi Perguruan Tinggi dan Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional hal ini terus dilakukan demi meningkatkan mutu dan minat Mahsiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Saat ini Pusat kajian dan Studi Konstitusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PKSK-UMSU) memiliki ruangan yang representatif di Gedung utama Lantai 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tentunya tempat yang representatif tersebut dapat menunjang kinerja Pusat kajian dan Studi Konstitusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PKSK-UMSU) menjadi jauh lebih baik.